Selasa, 05 Januari 2010

bab 11 mengelola pengetahuan

Bab 11 mengelola pengetahuan
Manajemen isi menjadikan southern company perusahaan brkinerja di bidang utilitas.
Manajemen pengetahuan adalah serangkaian kegiatan proses untuk membuat, menyimpan, mentransfer, dan menerapkan pengetahuan dalam organisasi. Perusahaan memerlukan pemograman manajemen pengetahuan karena pengetahuan sudah menjadi aset produktif dan strategi yang sentral dalam perekonomian informasi di zaman ini, dan merupakan sumber keunggulan kompetitif yang potensial. Manajemen pengetahuan mengdepankan pembeljaran organisasi dengan meningkatkan kemampuan organisasi untuk belajar di lingkungannya dan untuk memasukkan pengetahuan dalam proses bisnis. Sistem manajemen pengetahuan yang efektif memerlukan modal organisasi dan manajemen untuk meningkatkan budaya dan program pengetahuan untuk manajemen pengetahuan. Ada tiga jenis uatama sistem manajemen pengetahuan , sistem manajemen pengetahuan keseluruhan, sistem kerja pengetahuan dan teknis cerdas.
II.I BIDANG MANJEMEN PENGETAHUAN
Sistem manajemen pengetahuan telah menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkemnang dalam investasi peranti lunak perusahaan dan pemerrrintahan. Manajemen pengetahuan telah menjadi aspek penting di banyak perusahaan di mana para manajenya menyadari bahwa keberhasilan perusaaan mereka tergantung pada kemampuan perusahaan untuk menciptakan dan mengelola pengetahuan.
1. Dimensi pengetahuan yang penting
Terdapat perbedaan antara data, informasi, pengetahuan dan kebijakan. Data merupakan sebagai aliran kebijakan atau trnasaksi yang dicatat oleh sistem suatu organisasi, dan bermanfaat hanya dalam transaksi itu sendiri, dan tidak untuk yang lainnya. Untuk mengubah data menjadi informasi, perusahaan harus memanfatkan sumber daya yang ada untuk menyusun datak kedalam katagori-katagori yang mudah digunakan. Untuk mengubah informasi menjadi pengetahuan, perusahaan harus memanfaatkan lebih banyak lagi sumber daya untuk menemukan pola, aturan dan konteks dimana pengetahuan tersebut berguna. Kebijakan adalah pemikiran perorangan atau kelompok dalam menerapkan pengetahuan untuk memecahkan suatu masalah. Pengetahuan merupakan sifat individual sekaligus sifat kolektife dari suatu perusahaaan.

DIMENSI PENTING DALAM PENGETAHUAN
• Pengetahuan adlah aset pengetahuan
• Pengetahuan ada dalam berbagai bentuk
• Pengetahuan memiliki lokasi
• Pengetahuan bersifat situasional

2. Rantai nilai manajemen pengetahuan
Manajemen pengetahuan adalah seperangkat proses bisnis yang dikembangkan dalam organisasi untuk menciptakan, menyimpan, memindahkan dan menerapkan pengetahuan.
o Pemerolehan pengetahuan
Organisasi memperoleh pengethuan melalui beberapa cara, tergantung pada jenis pengetahuan yang dicarinya. Sistem manajemen pengetahuan yang pertama mencoba membangun pusat data yang berisi dokumen, laporan dan praktik-praktik terbaik.
o Penyimpanan pengetahuan
Setelah berbagai dokumen terkumpul, pola, dan aturan pakar terkumpul, data harus disimpan sehingga dapat diambil kembali dan digunakan oleh para karyawan.
o Penyebaran pengetahuan
Portal, e-mail, pesan instal, dan teknologi mesin pencari telah ditambahkan kedalam serangkaian teknologi kolaborasi dan sistem perkantoran yang digunakan untuk berbagai agenda, dokumen, data dan grafik.

o Penerapan pengetahuan
Pengetahuan yang tidak dibaghikan dan tidak dapat diterapkan dalam kejadian nyata oleh para menejer atau perusahaan tidak akan memberikan nilai tambah bagi bisnis.
3. Jenis sistem manajemen pengetahuan
Secara garis besar terdapat tiga jenis sistem manajemen pengetahuan yang umumnya digunakan, sistem manajemen pengetahuan keseluruhan perusahaan, sistem kerja pengetahuan, dan teknis crdas.
II.2 SISTEM MANAJEMEN PENGETAHUAN KESELURUHAN PERUSAHAAN
Sistem manajemen pengetahuan perusahaan adalah sistem serba guna yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, dan menerapkan pengetahuan dan muatan digital, Sistem ini menyediakan basis data perangkatnya untuk menyusun dan menyimpan dokumen terstruktur dan tidak terstruktur.
Masalah utama dalam mengelola pengetahuan terstruktur adalah membuat skema klasifikasi yang sesuai untuk menyusun informasi dalam basis data pengetahuan menjadi katagori yang bermanfaat dan mudah diakses oleh seluruh karyawan. Sistem pengetahuan terstruktur melakukan fungsi inflementasi penandaan dokumen, antarmuka dengan basis data perusahaan dimana dokumen disimpan, dan membuat portal perusahaan yang dapat digunakan oleh karyawan yang memerlukan pengetahuan. Sistem pengetahuan yang semiterstruktur adalah seluruh informasi digital dalam suatu perusahaan yang tidak terdapat dalam dokumen atau laporan formal.
SISTEM JARINGAN PENGETAHUAN
Sistem jaringan pengetahuan mengatasi masalah yang muncul saat pengetahuan yang tepat adalah pengetahuan tersirat dan tersimpan dalam ingatan para pakar dalam perusahaan. Karena pengetahuan seperni ini tidak dapat ditemukan dengan mudah, karyawan menghabiskan sumber daya yang ckup besar untuk mendapatkan pengetahuan tersebut. Sistem jarinegan pengetahuan menyediakan suatu direktori online mengenai keberadaan pakar dalam bidang pengetahuan tertentu dan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan menemukan pakar yang tepat.
Vendor sistem manajemen pengetahuan komersial besar telah mengintegrasikan isi dan kemempuan manajemen dokumennya dengan portal dan teknologi kolaborasi yang canggih.

II. 3 SISTEM KERJA PENGETAHUAN
Sistem kerja pengetahuan mendukung penciptaan pengetahuan baru dan integrasinya dengan perusahaan. Sistem ini memerlikan akses yang mudah ke basis pengetahuan eksternal, perangkat keras komputer yang canggih yang dapat mendukung perantu lunak dengan banyak grafik, analisis, manajemen dokumen dan kemampuan komunikasi.
Contoh sistem kerja pengetahuan, ada tiga aplikasi sistem kerja pengetahuan; sistem perancangan dibantu komputer, sistem realitas dibantu virtual untuk simulasi pemodelan dan workstation keuangan. Desain (CAD) membuat proses penciptaan dan revisi rancangan menjadi otomatis, dengan menggunakan komputer dan perantu lunak grafis yang rumit. Sistem realitas virsual memilki kemampuan visualisasi, penerjemahan dan simulasi yang jauh melebihi sistem desain dengan bantuan komputer. VRML adalah seperangkat spesifikasi untuk model interksi tiga dimensi dalam World wide web yang dapat menangani berbagai jenis media, termasuk animasi, gambar dan audio.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar